September 30, 2017 -
No comments
PENYESUAIAN PEMBUKUAN
PENYESUAIAN PEMBUKUAN
A.
Maksud Penyesuaian Pembukuan.
Neraca Saldo merupakan ringkasan dari
transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama satu tahun (satu periode
Akuntansi). Tujuan penyusunan Neraca Saldo disamping untuk mengecek apakah
jumlah-jumlah debet Rekening Buku Besar sudah sama dengan jumlah kreditnya,
yang lebih utama ialah untuk persiapan dalam penyusunan Laporan Keuangan
Perusahaan.
Sebelum Laporan-Laporan Keuangan disusun
berdasarkan Neraca Saldo, perlu diteliti dahulu apakah saldo-saldo dari Neraca
Saldo telah menunjukan keadaan yang benar. Sebab ada saldo Rekening Buku Besar
yang memang sudah benar, tetapi ada saldo Rekening Buku Besar yang masih perlu
koreksi.
Secara singkat dapat dirumuskan bahwa
tujuan dari penyesuaian pembukuan adalah :
1.
Agar
Rekening-Rekening Neraca (Riil) merupakan jumlah-jumlah yang sebenarnya.
2.
Agar
Rekening-Rekening Rugi-Laba (Nominal) menunjukan jumlah Pendapatan yang telah
menjadi haknya dan Biaya yang telah menjadi kewajibannya pada periode itu.
B.
Rekening yang perlu penyesuaian.
Saldo-saldo yang umumnya masih perlu
penyesuaian ialah :
1.
Persediaan
Suplai (Perlengkapan).
Suplai yang masih ada (tersisa) pada akhir
periode Akuntansi. Yang perlu disesuaikan adalah jumlah Suplai yang telah
dipakai pada periode Akuntansi yang bersangkutan.
2.
Pihutang
Penghasilan.
yaitu
Penghasilan yang sudah menjadi hak Perusahaan tetapi belum dicatat.
3.
Hutang
Biaya.
Jumlah Biaya
yang sudah menjadi kewajiban Perusahaan tetapi belum dicatat.
4.
Hutang
Penghasilan.
yaitu
Penghasilan yang sudah diterima tetapi sebenarnya merupakan Penghasilan untuk
periode yang akan datang.
5.
Persekot
Sewa.
Biaya yang
sudah dibayar tetapi sebenarnya harus dibebankan pada periode yang akan datang.
6.
Kerugian
Pihutang.
Taksiran
Kerugian yang timbul karena adanya Pihutang yang tidak bisa ditagih.
7.
Penyusutan
Aktiva Tetap.
Penyusutan dari Aktiva Tetap yang harus dibebankan pada periode tersebut.
C.
Langkah-Langkah Penyesuaian Pembukuan :
1.a. Menghitung
Pendapatan atau Biaya Periode ini yang belum diperhitungkan. Atau
1.b. Menghitung Pendapatan atau Biaya Periode akan
datang yang sudah tercatat dalam Buku Besar
2. Membuat
Jurnal Penyesuaian.
D. Neraca Saldo Setelah Penyesuaian.
Neraca Saldo setelah
penyesuaian yaitu Neraca Saldo yang saldo-saldonya sudah disesuaikan dengan kenyataan
di Perusahaan. Sehingga saldo-saldo ( yang sudah disesuaikan ) ini yang
nantinya dipakai dasar untuk menyusun Laporan Keuangan.
n yang dibebankan pada hutang
Bank ialah sebesar 6% setahun, dan harus dibayar sebulan sekali.
0 komentar:
Posting Komentar