Jumat, 29 September 2017

September 29, 2017 - No comments

JURNAL DAN POSTING

Akuntansi Keuangan Dasar - 

JURNAL DAN POSTING


Siklus Akuntansi (Accounting Cycle) merupakan suatu urutan prosedur yang digunakan untuk pencatatan, pengelompokkan dan penyusunan Laporan Keuangan (Neraca dan Laporan Rugi-Laba) mengenai transaksi-transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Proses ini dapat dibagi menjadi dua Phase,  yaitu :
         Phase Pencatatan dan Penggolongan (Pengelompokkan)
         Phase Pengikhtisaran
A.   Jurnal :
Jurnal merupakan catatan pertama dari semua transaksi-transaksi keuangan Perusahaan berdasarkan bukti-bukti/ dokumen-dokumen asli, seperti Faktur, Kwitansi, dan lain-lain.
Kegunaan Jurnal antara lain untuk :
1.        Mencatat semua transaksi keuangan secara kronologis.
2.        Mengelompokkan jenis-jenis transakasi kedalam Rekening Buku Besar yang sesuai.
3.        Didalam Jurnal terdapat keterangan ( pejelasan ) dari masing-masing transaksi.
Setelah Transaksi dicatat dalam Jurnal kemudian dipindahkan ke Rekening Buku Besar. Keuntungan menggunakan Jurnal dari pada kalau transaksi dicatat secara langsung ke Buku Besar :
1.        Menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.
2.        Jurnal memberikan keterangan untuk setiap transaksi dengan ringkas dan jelas.
3.        Jurnal mencatat transaksi-transaksi secara kronologis.
Bentuk dan banyaknya Jurnal dalam Perusahaan tergantung pada besarnya Perusahaan dan sifat operasinya. Bentuk Jurnal yang paling sederhana adalah Jurnal Umum. Jurnal Umum hanya mempunyai dua kolom jumlah dan dapat digunakan untuk mencatat semua jenis transaksi. Proses mencatat suatu transaksi dalam Jurnal disebut menjurnal transaksi.
Contoh  : Bentuk Jurnal Umum.
Fol :....
Tgl
Nama Rekening dan Keterangan
Ref
Debet
Kredit






Agar dapat mengerjakan Jurnal diperlukan :
1.        Kemampuan menganalisa pengaruh dari suatu transaksi terhadap Harta, Hutang, Modal, Penghasilan dan Biaya.
2.       Mengetahui dengan baik bentuk dan kegunaan Jurnal.
Prosedur dalam menjurnal transaksi adalah sebagai berikut :
1.        Pada kolom tanggal dituliskan Tahun, Bulan dan Tanggal. Tahun dan bulan tidak ditulis berulang-ulang pada suatu halaman, kecuali ganti Tahun atau Bulan.
2.        Nama Rekening yang harus di Debet dan di Kredit di tulis pada kolom “Nama Rekening dan Keterangan”.
3.        Penjelasan atau keterangan ditulis setelah Nama Rekening Kredit ( hendaknnya menggunakan Nama Rekening Secara pasti atau tetap ). Kolom Referensi tidak diisi pada waktu menjurnal. Kolom ini harus diisi dengan nomor rekening, setelah jurnal tersebut dicatat dalam rekening yang bersangkutan di Buku Besar. Dengan cara demikian maka dapat diketahui Jurnal-Jurnal mana yang telah dicatat dalam Buku Besar dan mana yang belum dicatat dalam Buku Besar.

B.  Posting.
Proses memindahkan jumlah-jumlah Debet dan Kredit setiap transaksi dalam Jurnal ke rekening-rekening dalam Buku Besar disebut Posting. Posting dapat dilakukan setiap hari atau setiap minggu bahkan setiap bulan sekali.
Langkah-langkah melakukan Posting adalah :
1.          Tanggal, keterangan, dan Jumlah dalam Jurnal dicatat kembali dalam Rekening Buku Besar yang bersangkutan. Jumlah sisi Debet dalam Jurnal dicatat kembali pada jumlah sisi Debet dalam Rekening Buku Besar. Jumlah sisi Kredit dalam Jurnal dicatat kembali pada jumlah sisi Kredit dalam Rekening Buku Besar.
2.          Setelah Posting (Langkah pertama di atas) dilakukan, kolom Referensi dalam Rekening Buku Besar diisi dengan nomor halaman (Folio) dalam Jurnal dimana transaksi tersebut dicatat.

3.          Selanjutnya kolom Referensi dalam Jurnal ditulis Nomor Rekening Buku Besar dimana Posting telah dilakukan.

0 komentar:

Posting Komentar