Sabtu, 30 September 2017

September 30, 2017 - No comments

Neraca Lajur dan Laporan Keuangan

Neraca Lajur dan Laporan Keuangan

A.     NERACA LAJUR
Neraca Lajur yaitu Lembar ( Kertas ) Kerja untuk menghimpun keseluruhan data keuangan Perusahan yang akan dipakai sebagai dasar untuk menyusun Laporan Keuangan.

Bentuk Neraca Lajur terdiri dari kolom-kolom :
  1. Nomor Rekening.
  2. Nama Rekening.
  3. Neraca Saldo ( Debet–Kredit )
  4. Jurnal Penyesuaian ( Debet–Kredit ).
  5. Neraca Saldo Yang Telah Disesuaikan ( Debet–Kredit ).
  6. Rugi–Laba ( Debet–Kredit )
  7. Neraca ( Debet–Kredit )

Menjadi keharusan dalam Neraca Lajur mencantumkan :
  1. Nama Perusahaan.
  2. Kata “ NERACA  LAJUR “
  3. Tanggal Penyusunan

B.     LAPORAN KEUANGAN
Penyusunan Laporan Keuangan :
  1. Untuk membuat menyusun Laporan Rugi-Laba, kita tinggal mengambil data-data dari Neraca Lajur Kolom (kelompok) Rugi-Laba.
  2. Untuk membuat (menyusun) Laporan Perubahan Modal, kita mengambil Modal Awal (dari Neraca), ditambah Laba Bersih atau dikurangi Rugi Bersih (dari perhitungan Laporan Rugi-Laba), kemudian dikurangi Pengambilan Prive atau ditambah Penyetoran Prive (diambil dari Neraca).
  3. Untuk membuat (menyusun) Neraca, kita mengambil data-data dari Neraca Lajur kelompok (kolom) Neraca, tetapi untuk Modal (Modal Akhirnya), kita ambilkan Modal Akhir dari perhitungan penyusunan Laporan Perubahan Modal.

Neraca Lajur dan Laporan Keuangan

A.     NERACA LAJUR
Neraca Lajur yaitu Lembar ( Kertas ) Kerja untuk menghimpun keseluruhan data keuangan Perusahan yang akan dipakai sebagai dasar untuk menyusun Laporan Keuangan.

Bentuk Neraca Lajur terdiri dari kolom-kolom :
  1. Nomor Rekening.
  2. Nama Rekening.
  3. Neraca Saldo ( Debet–Kredit )
  4. Jurnal Penyesuaian ( Debet–Kredit ).
  5. Neraca Saldo Yang Telah Disesuaikan ( Debet–Kredit ).
  6. Rugi–Laba ( Debet–Kredit )
  7. Neraca ( Debet–Kredit )

Menjadi keharusan dalam Neraca Lajur mencantumkan :
1.       Nama Perusahaan.
2.       Kata “ NERACA  LAJUR “
3.       Tanggal Penyusunan

B.     LAPORAN KEUANGAN
Penyusunan Laporan Keuangan :
1.       Untuk membuat menyusun Laporan Rugi-Laba, kita tinggal mengambil data-data dari Neraca Lajur Kolom (kelompok) Rugi-Laba.
2.       Untuk membuat (menyusun) Laporan Perubahan Modal, kita mengambil Modal Awal (dari Neraca), ditambah Laba Bersih atau dikurangi Rugi Bersih (dari perhitungan Laporan Rugi-Laba), kemudian dikurangi Pengambilan Prive atau ditambah Penyetoran Prive (diambil dari Neraca).
3.       Untuk membuat (menyusun) Neraca, kita mengambil data-data dari Neraca Lajur kelompok (kolom) Neraca, tetapi untuk Modal (Modal Akhirnya), kita ambilkan Modal Akhir dari perhitungan penyusunan Laporan Perubahan Modal.

0 komentar:

Posting Komentar